Sabtu, 24 September 2011

Review movie : Memento

 
A man, suffering from short-term memory loss, uses notes and tattoos to hunt for the man he thinks killed his wife.
Director: Christopher Nolan
Writers: Jonathan Nolan (short story "Memento Mori"), Christopher Nolan
Stars: Guy Pearce, Carrie-Anne Moss and Joe Pantoliano


Seorang pria dibuat untuk mencari keadilan setelah kehilangan orang yang dicintai, meskipun ia tidak mampu sepenuhnya mengingat kejadian yang terjadi, dalam film thriller ini.
Leonard (Guy Pearce) adalah seorang pria yang sedang berjuang untuk mengembalikan hidupnya kembali, setelah pemerkosaan brutal dan pembunuhan istrinya. Tapi masalah Leonard berbeda dari orang-orang kebanyakan dalam situasi itu, ia mendapat luka yang cukup berat karena dihajar oleh pelaku pemerkosaan itu.

Masalah terberat dari cedera Leonard adalah memori jangka pendek nya rusak, sehingga dia tidak bisa mengingat informasi-informasi baru dalam kehidupannya. Untuk mengingat informasi, dia menulis juga mangambil foto (baca:gambar) sesuatu untuk di waktu akan datang dia bisa menggambarkan apa yang sebelumnya terjadi. Bahkan dia membuat tatto di tubuhnya, untuk informasi-informasi yang sangat penting, seperti pemerkosaan dan pembunuhan istrinya.

Setiap Leonard melihat tattonya dia mengerti bahwa istrinya telah dibunuh, dan pelakunya masih bebas. Leonard terobsesi untuk membalas dendam terhadap pria yang menghancurkan hidupnya itu. Ia memutuskan untuk menemukan dia, dengan bantuan dari Natalie (Carrie-Anne Moss) seorang pelayan bar, dan Teddy (Joe Pantoliano), yang mengaku sebagai teman Leonard, walaupun Leonard merasa dia tidak bisa dipercaya.

 

Pendapat Pribadi : 

Yang menarik dari film Memento, adalah alur penceritaannya yang memakai 2 alur, alur maju juga alur mundur, misal ada scene 1,2,3,4,5 juga ada scene A,B,C,D,E., Alur cerita sebenernya 1-2-3-4-5-A-B-C-D-E, Tapi dalam film, alur dibuat E-1-D-2-C-3-B-4-A-5. 

Nah selain plot yang tidak biasa ini, ada hal lain yang menjadi nilai lebih, yaitu interpretasi. Saya sampai harus cari informasi di berbagai web diskusi tentang film ini, Ternyata emang Christopher Nolan mau memberikan kebebasan penonton filmnya tentang pilihan mana yang dipilih.

Bagi penggemar Thriller Movie, film ini recommended banget bagi yang belum nonton. Dan ini film kalo udah nonton sekali, minimal pasti mau nonton sekali lagi, untuk mengerti maksud film lebih jelas, Saya aja 3 kali nonton film ini berturut-turut, 1 kali nonton timelinenya diatur sehingga alurnya jadi maju semua. 
Tapi walaupun gitu,  tetep aja masih Bingung.... lol


Sumber referensi : http://imdb.com

1 komentar:

Komentar anda adalah masukkan buat saya