Minggu, 11 November 2012

How did i know Internet ?

My Story : How did i know internet?

Cerita bermula ketika aku masuk SMP tahun 2001, Waktu itu aku senang sekali bermain game PC dirumah, atau senang ngotak-ngatik seting komputer, beberapa kali aku dimarahi karena data pekerjaan ayahku hilang karena ulahku.
Pernah ada Temanku mengajakku ke Game Centre, sampai disana aku kurang tertarik, karena hanya maen game PC biasa sama seperti dirumahku, tapi setelah kuperhatikan beberapa orang yang sedang bermain itu, kenapa saling berinteraksi, saling berteriak, "Awas Belakang!!!" , "Pasang Bom Woi!", dan sebagainya, kebetulan mereka sedang bermain Counter Strike, yang waktu itu sedang Booming-boomingnya. Dan ternyata setelah beberapa kali ku lihat temanku bermain, dan mencari informasi dengan bertanya, aku baru mengetahui kalau itu bermain LAN Game, dimana mereka bermain multiplayer, semua user komputer di ruangan itu. Saat itulah aku baru tahu kalau komputer bisa saling berinteraksi dengan komputer lain.

Naik ke kelas 2 SMP, aku mulai sering bermain LAN game, terkadang aku menyewa PC di gamecentre, hanya melihat bagaimana LAN itu bisa bekerja, aku mulai mengenal IP Address, transfer file antara komputer. 
Kemudian aku diajak seseorang ke tempat yang dinamakan WARNET, yang pertama di benakku adalah warung makan, teringat WARTEG. Makanya aku sempat bingung ketika aku diajak ke tempat semacam rental komputer atau mungkin game centre, disana aku cuma ikut saja melihat apa yang dilakukan temanku, sambil bertanya apa aja yang dilakukannya, katanya sih Buka Internet, situs, Chating... Aku hanya mengerutkan wajahku ketika mendengar istilah tersebut.
Seiring berjalannya waktu, kami pun sering berWarnet-Warnet Ria, walau aku masih ikut-ikutan, tapi aku mulai mengerti apa itu situs dan chating. sampai suatu hari aku menyewa PC sendiri dan temanku disebelahku. Dan aku mulai explore, apa saja yang bisa dilakukan dengan internet. Disana aku mulai mengenal Searh Engine / Google, E-mail, dan memulai membuat email. tapi anehnya temanku malah bingung apa itu email, sepertinya dia cuma asik chating saja selama ini.

Naik ke kelas 3 SMP, aku mulai sering maen ke warnet, ada teman baru ku juga senang bermain ke warnet, tapi dia lebih suka ke warnet game centre, dia bilang padaku kalau di warnet biasa ga bisa bermain game, aku pun ikut saja. karna aku ingin tahu apa perbedaan nya dengan warnet, trus kenapa game centre. sebenarnya sempat terlintas kalau LAN Game yang pernah dan masih saya mainkan, ternyata bisa bermain secara Internet( Harusnya secara Online, tapi dulu ngertinya Internet doang). Ternyata benar dugaan saya, walaupun permainannya beda, tapi game ini bermain dengan orang-orang yang jauh dari kita. Mulailah aku ketagihan dengan namanya game online. Seiring bermain Game Online, aku mengerti adanya Server agar kita bisa bermain bersama, semua aktifitas game terproses di Server. Bahkan aku mengenal hacking, walaupun aku belum mengerti apa itu hacking.. memanipulasi data yang kita kirim ke server, atau merubah program di server. yah waktu itu sih aku cuma memakai program untuk hacking game yang aku download dari orang lain.

Ternyata Internet tak selalu berdampak positif, ketika aku masuk SMA kelas X, aku sering bolos, karena bermain game online, walaupun nilai ulangan/ujian ku bagus, tapi guru tidak bisa montolerir atas absen ku yang lebih 1 bulan kosong/alfa sehingga nilai raportku kurang dari cukup. Sungguh menyesal saat itu. Ada pula dampak negatif lainnya. Karena untuk anak seumurku waktu itu, sebuah informasi harus ada konfirmasi dari orang lain atau arahan, sehingga tidak salah persepsi. Itulah yang aku sesalkan beberapa kali aku mencari informasi tentang pelajaran atau lainnya, terkadang sebuah informasi yang didapat di internet tidak selalu benar, semua tergantung sumber informasinya.

setelah pengalaman itu, aku mulai mengenal Social networking, waktu itu lagi boomingnya situs friendster.com, semua temanku mempunyai akun disana, kita semua saling mengisi testimonial.

Dan banyak lagi yang mungkin aku lupa ceritakan tentang pengalaman awalku mengenal Internet. Tapi Aku berkesimpulan selama aku mengenal Internet adalah, "Internet adalah jendela dunia yang bisa kita buka kapan saja, kita bisa terhubung dengan berbagai manusia di belahan bumi. kita bisa saling membagi informasi. Ini adalah tentang Teknologi Informasi"


1 komentar:

  1. Heikawan, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus

Komentar anda adalah masukkan buat saya